Sabtu, 21 Juni 2008

Solusi Paper Jam pada Epson R 230 Series

Solusi Paper Jam pada Epson R 230 Series

Jika anda pengguna atau memiliki printer Epson R 230 Series atau tipe R yang lain (R210, R220, R230, R310, R350 dll) selain kepuasan hasil printing, anda pasti akan mengalami apa yang menjadi ciri khas pada printer type ini, yaitu Paper Jam atau kesulitan printer untuk menarik kertas dengan sempurna atau bahkan tidak bisa menarik kertas lagi.
Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya Paper jam ini antara lain :
1. Kurang telitinya Epson dalam pembuatan PRinter Type R, dan meskipun sudah mendapatkan ratusan atau ribuan komplain, tetapi tetap tidak ada atau dilakukan penyempurnaan.


2. Karet penarik printer cepat aus atau tipis, sehingga gigi pada karet hampir tidak ada lagi, padahal gigi atau gerigi pada karet inilah yang berfungsi untuk menjepit dan menarik kertas.
3. Sering MEnggunakan kertas tebal, baik itu printable paper atau bahkan kertas yang seharusnya tidak masuk printer, seperti bc, bufallo, art paper, dll.
4. Sering digunakan untuk mencetak di atas kertas Inkjet... Ingat,,, type kertas Inkjet sangat tidak disarankan untuk digunakan pada Epson Type R. Kerta Inkjet seakan menjadi musuh utama printer ini, bahkan saat pertama belipun ketika anda menggunakan kertas ini, printer akan langsung mengalami paper jam. hal ini dikarenakan pada kertas inkjet banyak mengandung semacam serbuk atau bedak, sehingga membuat rol karet menjadi licin.
5. Printer selalu dibiarkan dalam kondisi terbuka pada bagian atasnya, sehingga banyak debu masuk dan ini juga mengakibatkan roll menjadi licin.

Solusi
1. BAwa printer anda ke Epson service center terdekat... tetapi hal ini akan mengganggu kerja anda, waktu dan tentu kantong anda. untuk biaya service dan penggantian, akan dikenakan biaya kurang lebih 125 ribu (sangat tidak adil, karena kesalahan pembuatan atau cacat produksi, epson tetap menarik biaya)
2. Setela pakai printer, harap ditutup pada bagian atasnya.. ato kalo perlu pake kain untuk menutupnya, agar debu tidak masuk.
3. Jangan memakai kertas yang bukan jenis kertas printable atau kertas yang tidak dibuat untuk mencetak dan juga jangan memakai kertas tebal melebihi 240 GSM
4. kalo dah terlanjur rusak ato paper jam terus, jika masih pada tahap awal, gunakan tip berikut :
- Bersihkan karet penarik yang berwarna abu abu, baik yang bulat ato yang lonjong dengan menggunakan pembersih head. ingat, gunakan pembersih head yang bagus. Penullis merekomendasikan menggunakan Dr. Winston ato Duraklin. Cara membersihkan bisa menggunakan kain yang digulung pada kayu, kemudian gosok-gosokkan pada karet. putar karet agar pembersihan bisa dilakukan secara merata. bisa juga dengan menggunakan tissu dan langsung dibersihkan memakai tangan, cuma cara ini kurang efektif karena tisu bisa tertinggal pada karet.
5. Kalo anda tidak takut printer jadi rusak, bongkar printer anda, kemudian ambil karet dan lapisi dalam karet dengan menggunakan kertas ato solatip (JAngan terlalu tebal dan juga terlalu tipis).

6 komentar:

choirul anam mengatakan...

siiip makasih atas sarannya

choirul anam mengatakan...

makasih atas sarannya

Wahid Al Mahabbah mengatakan...

jazakumullah ....

Unknown mengatakan...

terimakasih gan atas penjelasanya,ini masalah persis yg saat ini saya alami............

Imam Si Debu Jalanan mengatakan...

ane dah coba bersihin bahkan dah ane ganti roller papernya 1 set... tetap setiap ane pake kertas pvc paper jam..
kenapa tuh gan...?

Unknown mengatakan...

printer saya masih baru, tp ngprint 1 lbr langsung paper jam. Lembaran 2,3 dst gak bisa tercetak